POPCON ASIA 2016



Popcon Asia (Pop Culture Convention) adalah event yang berisi game, program, komik, culture, education, dan fashion. awal Aku kenal dengan acara itu ditahun 2014 lalu, dimana teman2  facebook ku membanjiri laman beranda ku dengan postingan  eventnya.

Mulai dari stand, both, workshop, seminar dan banyak juga yang memposting  berbau hadiah hadiah dorprize gitu. hehehe... 
gimana deh rasanya, pasti ngiler begete kan kalau dengar hadiah hadiah gitu. 

mumpung aku anak perantauan di jakarta. jadi, kenapa aku gak coba aja untuk datang ke acaranya di tahun depan. Acara yang kayak beginian pasti gede dan pasti tahun depannya bakal diadain lagi.

Selama beberapa bulan, aku menunggu terus informasi mengenai event popcon. Bertepatan bulan september 2015 postingan postingan tentang popcon pun mulai menyebar di beberapa laman teman teman sosial media ku. Aku pun mulai sering ngepoin acaranya.

h-4 hari sebelum acara popcon asia, mendadak ada event lain. yaitu acara keluarga yang lebih urgent. Ibarat kata  kalau kamu ngikut ke acara pop pop pop cn itu apalah namanya.. kamu bakal di pecat dalam garis keturunan keluarga. titik”. Hiks..hiks.. begitulah, kata ibuku sambil sedikit merepet ke aku.

Selama 360 hari aku menunggu untuk ikutan acara popcon, penantian ku ternyata hanya sia sia belaka. Harapan ku pupus untuk bisa ikut ke acaranya popo. Aku pun langsung nangis guling guling gaze diaspal yang baru dicor. Tapi itu ecek ecek ya, yang guling guling diaspal baru dicornya. Hehehe.. 

sebenarnya aku sih biasa aja gak terlalu mendramatisirkan ampe guling guling gitu, aku bersabar aja. Karena yakin allah pasti ada bersama setiap hamba hambanya yang sedang kesusahan. Hehehe.. aku yakin, tahun depan aku pasti bisa liat acara popcon. Karena event popo sendiri tuh udah bisa cari masa yang mungkin ratusan bahkan ribuan orang untuk diajak melalui sosial media.

.
. 

Jeng... jeng.. jeng..


ni nih, beberapa ras(pengikut) di planet popo  Wow zuper kreatif begete ya panitia popconnya.

Spanduk spanduk yang bergelantungan diatas itu, adalah simbol  pengenalan ras yang dirancang untuk maskot dari popconnya sendiri. 
Seperti lustra, mov, rash, sirena, dan alto.

Yap, tebakan kalian bener banget gengs. 

Tahun 2016 ini aku bisa ikutan ke acara popcon di JCC jakarta. acaranya baru kemaren aja digelar dari tanggal 12, 13, dan 14 agustus 2016. Tapi sayang banget, aku Cuma bisa datang pas hari ketiganya aja. Karena hari pertama dan kedua ada kesibukan dengan urusan kampus. Eit eit, jangan senang dulu sementang aku Cuma datang di hari ke-3. Aku juga dapat banyak refrensi kreatif kok selama beberapa jam disana.

Aku mulai bisa membuka mata untuk membuat karya yang lebih baik dari karya ku sebelumnya. 

Tujuan dan niat aku kesini sih emang buat cari refrensi kreatif sebelum masuk kuliah. Itung itung jadwal liburan sih hehehe..






Liat tuh, antriannya panjang bener yak. walopun udah dihari terakhir. Gils gils bener bener dah.. popcon emang nyedot masa gila gilaan.

Cerita punya cerita, Ceritanya aku berangkat dari indekos ku menuju jcc pukul 11 siang. Aku janjian bareng temen ku untuk ketemuan dikampus. agar berangkat dari kampus menuju jcc barengan. 

Perjalanan pun dimulai dari kampus dilanjutkan menaiki angkot menuju statiun pertama, yaitu statiun UP. Lalu berhenti sampai di statiun Sudirman, nah karna kita anak perantauan yang baru seumur jagung. Sebenarnya kita kita pada gak tau jcc itu sebelah mananya senayan, cari mencari melalui google maps. Ternyata jcc itu berada dekat dengan GBK (Gelora bung Karno), nah karena kita udah biasa melalui rute dari sudirman menuju GBK menaiki KOPAJA 19 biar agak murahan ongkosnya dari pada Bus Trans****** .

selama di dalam kopaja aku terus merhatiin smartphone ku, perhatiin maps ke penunjuk arah jcc agar kami gak turun terlalu jauh dari jccnya. Ehh, gak tau nya pas dipantengin terus terusan kopajanya gak belok kekakanan pas di flyover, Kopajanya malah lurus aja. Kami pun turun di jembatan penyebrangan pejalan kaki, supaya gak tambah jauh lagi jalan menuju jcc.

Jalan, jalan, jalan, dan terus jalan memasuki stadion gelora bung karno. Akhirnya jam 1.45 kami tiba di gerbang JCC, Dan antrianya lumayan panjang. aku pun terkadang sedikit bosan karena terlalu lama mengantri, apakah tidak ada e-tiketnya min popo?.

Selama mengantri pembelian tiket secara manual, akhirnya aku gajebo dan mulai ngutak ngatik kamera hp. Eh busyeng ini antrian panjang bener yah, malah jalannya kayak semut lagian.









setelah 45 menit lamanya aku menunggu, akhirnya aku dapatkan tiketnya. Dan mulai bersiap mengelilingi planet poppo.




Stand yang pertama kali aku kunjungi adalah standnya para gamer, dimana stand ini banyak ngasih info tentang game yang berasal dari netmarbel. Nama both nya ialah both KOCCA singkatan dari korea kreatif kontent agency  Dan didepan both KOCCA terdapat bothnya BE-KRAF.

Be-kraf itu ialah badan resmi industri kreatif di jajaran pemerintaha. badan ini bertanggung jawab terhadap perkembangan industri kreatif diindonesia dan bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan mensinkronisasikan kebijakan di bidang ekonomi kreatif




Sebenarnya belum puas sih, nangkring di bothnya mereka berdua.

Aku kabur ke depan panggung buat liat launchingnya film si juki  the movie . gak kebayangkan gimana zuper dobel kocaknya kelakuan si zuki dan gak kebayang juga om faza meong bakalan muter otak buat begimane si juki mesti kudu lucu.

 haha... keep creativity om faza. Aku dan pemuda pemudi indonesia terus mendukung karyamu om...



Dilanjut launchingnya permainan yaitu board game LAGA JAKARTA permainan yang dimaenkan secara langsung bertatapan dengan para pemain diatas meja. Testimoni permainan laga jakarta di popcon banyak di coba oleh para pecinta game dan mereka memainkannya di arena board game table topian. Sayangnya aku, gak sempat ikutan main board gamenya karena gak tau lokasi table topianya dimane... hiks hiks, padahal udah dapat map dari popo Cuma aku gak bisa bacanya popo.




Setelah launching laga jakarta, dilanjutkan dengan nonton bareng trailernya box office firegate yang dibintangi oleh reza, julia estele, dwi sasono, dan ray. Sinopsi dari firegate ini diambil dari cerita tentang misteri dibalik piramida gunung padang. indonesia sangat begitu kaya dengan ragam dan budaya mulai dari candi, artefak, hingga prasasti

Beberapa foto kak dwi sebelum naik diatas panggung popo.

sumber gambar:laman twiter popcon


Selesai launching , aku pun mulai berkeliling melihat-lihat stand dan both yang belum kuhampiri dari planet popo ...

Pas mampir di bothnya ReOn, aku seneng begete dan mau foto bareng edelyn karena karakternya dalam menghayati perannya ReOn itu pas banget. diwaktu aku beraniin buat minta foto bareng edelyn, teryata sesi foto gratisnya udah abis. Jadinya kita diajak buat beli merchandisenya re:On dulu, biar dapet foto bareng edelyn dan yang lain. Karena gak kesampean eh Cuma ke foto tangan edelynnya doang deh hehehe... ini juga kameranya gak sengaja kepencet loh kak edelyn... 



Dan ini nih, stand yang paling heboh di planet popo. Yaitu standnya CIAYO, ciayo banyak nyedot perhatian makhluk popo karena teriakan teriakan kakak kakak cantik dari ciayo. Ciayo sebuah aplikasi yang menceritakan seluruh aktivitas kamu dengan postingan postingan ilustrasi yang lucu lucu, tanpa harus kamu foto selfie atau minta difotoin ama temen kamu. Karena fitur unik dari ciayonya sendiri terdapat di foto ilustrasi yang unik unik itu. Keren yak, udah langsung manual gitu. Salut deh ama co foundernya ciayo.

Karena kita demen yang gratisan, pas banget ciayo lagi bagi merchandise.
Dengan persyaratan yang dibuat oleh tim CIAYO nya sendiri.

Lihat, lihat, lihat ini nih merchandise yang aku dapatkan dari ciayo. Makasih ciayo seneng deh ama boneka coconya. Semoga tahun depan ciayo bagi bagi merchandise lagi wkkwk... 


dan ini Nih, beberapa photo set ku di arena popcon.





nah,gak terasa selama berkeliling di planet popo. matahari pagi pun bersembunyi disambut ama bulan yang bersiap membangunkan para pengisi dunia malam. yap, siang berganti malam. tiba waktunya untuk pulang kembali ke indekosku. 

aku pun keluar dari arena popo pada pukul 8 malam dan sampai di indekosku pada pukul 10 malam. 

cukup melelahkan dan mengasyikan untuk hari ini. bertemu ama orang orang keren dan comic artist indonesia.

buat teman - teman yang belum pernah ke popocon asia, jangan sedih. tahun depan masih ada lagi kok..

see you next year guys.

:)

salam hangat ku 
-lina.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

71 tahun kemerdekaan indonesia

NIRMANA

3 mantra kehidupan